Contoh Cerpen Singkat Beserta Unsur Intrinsiknya dan Ekstrinsiknya Brainly

Posted on

Cerpen singkat atau cerita pendek adalah sebuah karya sastra yang berisi cerita dengan jumlah kata yang terbatas. Cerpen singkat dapat menjadi sebuah bahan bacaan yang menarik dan menghibur untuk semua kalangan. Dalam cerpen singkat, terdapat unsur intrinsik dan ekstrinsik yang harus dipahami. Pada artikel ini, akan dibahas contoh cerpen singkat beserta unsur intrinsik dan ekstrinsiknya.

Contoh Cerpen Singkat

Berikut adalah contoh cerpen singkat yang dapat menjadi referensi untuk pembaca:

Judul Cerpen: Hari yang Cerah

Hari ini adalah hari yang cerah. Sinar matahari yang terik menyinari seluruh kota. Tidak ada awan di langit biru, hanya terlihat burung-burung yang terbang bebas. Semua orang terlihat bahagia dan ceria. Kecuali dia, Rio.

Rio adalah seorang pemuda yang selalu merasa kesepian. Ia tidak punya sahabat, bahkan keluarganya pun jarang mengunjungi. Karena merasa kesepian, Rio sering menghabiskan waktunya dengan duduk di taman kota.

Pada hari yang cerah itu, Rio seperti biasa duduk di taman kota. Namun, tiba-tiba ada seorang gadis yang duduk di sebelahnya. Gadis itu bernama Sinta. Rio dan Sinta akhirnya menjadi sahabat karib dan Rio tidak merasa kesepian lagi.

Pos Terkait:  Pengertian Permainan Bola Basket Brainly

Unsur Intrinsik dalam Cerpen Singkat

Unsur intrinsik adalah unsur yang terdapat dalam cerita yang bersifat internal atau terdapat dalam diri tokoh. Unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen singkat adalah sebagai berikut:

1. Tema

Tema adalah pesan moral yang ingin disampaikan dalam cerpen. Tema dalam contoh cerpen singkat di atas adalah tentang persahabatan.

2. Plot

Plot adalah rangkaian peristiwa yang terjadi dalam cerpen. Plot dalam contoh cerpen singkat di atas adalah Rio yang bertemu dengan Sinta dan akhirnya menjadi sahabat karib.

3. Tokoh

Tokoh adalah karakter utama dalam cerpen. Tokoh dalam contoh cerpen singkat di atas adalah Rio dan Sinta.

4. Setting

Setting adalah tempat dan waktu terjadinya cerita. Setting dalam contoh cerpen singkat di atas adalah taman kota pada hari yang cerah.

Unsur Ekstrinsik dalam Cerpen Singkat

Unsur ekstrinsik adalah unsur yang terdapat dalam cerita yang bersifat eksternal atau terdapat di luar cerita. Unsur ekstrinsik yang terdapat dalam cerpen singkat adalah sebagai berikut:

1. Penulis

Penulis adalah orang yang membuat cerpen. Penulis dalam contoh cerpen singkat di atas tidak disebutkan.

2. Latar Belakang Penulis

Latar belakang penulis adalah informasi tentang penulis. Latar belakang penulis dalam contoh cerpen singkat di atas tidak disebutkan.

Pos Terkait:  Contoh Cerpen Beserta Strukturnya Brainly

3. Budaya

Budaya adalah nilai-nilai yang terdapat dalam cerita yang bersifat universal. Budaya dalam contoh cerpen singkat di atas adalah tentang persahabatan yang penting dalam kehidupan manusia.

Kesimpulan

Cerpen singkat adalah sebuah karya sastra yang berisi cerita dengan jumlah kata yang terbatas. Dalam cerpen singkat, terdapat unsur intrinsik dan ekstrinsik yang harus dipahami. Contoh cerpen singkat di atas adalah tentang persahabatan. Unsur intrinsik dalam cerpen singkat meliputi tema, plot, tokoh, dan setting. Sedangkan unsur ekstrinsik dalam cerpen singkat meliputi penulis, latar belakang penulis, dan budaya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *