Tata Cara Sholat Tasbih Brainly

Posted on

Sholat adalah salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh umat Muslim. Salah satu jenis sholat yang dikenal adalah sholat tasbih. Sholat tasbih dapat dilakukan kapan saja, tidak terbatas waktu dan tempat. Berikut ini adalah tata cara sholat tasbih Brainly yang bisa Anda pelajari.

Persiapan Sebelum Sholat Tasbih Brainly

Sebelum melakukan sholat tasbih Brainly, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Pertama-tama, pastikan Anda berwudhu terlebih dahulu. Kemudian, siapkan sajadah atau karpet sebagai alas sholat. Jangan lupa untuk menentukan arah kiblat dengan benar.

Tata Cara Sholat Tasbih Brainly

Setelah persiapan selesai, berikut ini adalah tata cara sholat tasbih Brainly yang harus Anda ikuti:

1. Berdiri dengan tegak

Pertama-tama, berdirilah dengan tegak dan fokuskan pikiran untuk beribadah kepada Allah SWT.

2. Takbiratul Ihram

Setelah itu, lakukan takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu dan mengucapkan “Allahu Akbar”.

3. Membaca Doa Iftitah

Kemudian, baca doa iftitah sebagai tanda dimulainya sholat. Doa iftitah dapat dibaca dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia.

4. Membaca Surat Al-Fatihah

Pos Terkait:  Konsep Tasawuf yang Berpusat pada Khauf dan Raja Pemikiran Junaid al-Baghdadi

Setelah itu, bacalah surat Al-Fatihah sebagai rukun sholat. Bacalah dengan khushu’ dan tadabbur.

5. Membaca Tasbih

Setelah membaca Al-Fatihah, mulailah membaca tasbih sebanyak 15 kali. Tasbih yang dibaca adalah “Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar”. Bacalah dengan tenang dan khushu’.

6. Ruku’

Setelah membaca tasbih, lakukan ruku’ dengan meletakkan kedua tangan di atas lutut dan membungkukkan badan. Bacalah doa ruku’ “Subhana Rabbiyal ‘Azim” sebanyak tiga kali.

7. I’tidal

Setelah ruku’, bangkitlah kembali ke posisi berdiri dengan tenang dan membaca i’tidal “Sami’allahu liman hamidah, rabbana wa lakal hamd” dengan suara pelan.

8. Sujud

Setelah itu, lakukan sujud dengan meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut, serta ujung kaki di atas lantai. Bacalah doa sujud “Subhana Rabbiyal ‘A’la” sebanyak tiga kali.

9. Duduk di Antara Dua Sujud

Setelah sujud, duduklah dengan tenang di antara dua sujud dan bacalah doa “Rabbighfirli, warhamni, wajburni, warfa’ni, warzuqni” sebanyak satu kali.

10. Sujud Kedua

Setelah itu, lakukan sujud kedua dengan posisi yang sama seperti sujud pertama dan bacalah doa sujud “Subhana Rabbiyal ‘A’la” sebanyak tiga kali.

11. Bangkit Kembali ke Posisi Duduk

Pos Terkait:  Bagaimana Pengaruh Desentralisasi Fiskal dalam Pembangunan Daerah

Setelah sujud kedua, bangkitlah kembali ke posisi duduk dan bacalah doa “Allahumma ighfirli” sebanyak satu kali.

12. Tahiyat Awal

Setelah itu, bacalah tahiyat awal dengan mengangkat jari telunjuk tangan kanan dan membaca “At-tahiyyatu lillahi was shalawatu wat taiyibatu. Assalamu alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh. Assalamu alaina wa ala ibadillahir rahmatullahi wa barakatuh. Ashhadu an la ilaha illallah, wa ashhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh” dengan tenang.

13. Tahiyat Akhir

Setelah tahiyat awal, bacalah tahiyat akhir dengan mengangkat jari telunjuk tangan kanan dan membaca “Assalamu alaikum wa rahmatullah” sebanyak dua kali.

14. Doa dan Salam

Setelah itu, bacalah doa dan salam sebagai penutup sholat tasbih Brainly. Bacalah doa dan salam dengan khushu’ dan tadabbur.

Kesimpulan

Sholat tasbih Brainly adalah salah satu jenis sholat yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Untuk melakukan sholat tasbih Brainly, pastikan Anda telah berwudhu dan menentukan arah kiblat dengan benar. Ikuti tata cara sholat tasbih Brainly yang telah dijelaskan di atas dengan baik dan benar. Semoga sholat tasbih Brainly kita diterima oleh Allah SWT dan menjadi amal ibadah yang bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *