Struktur Surat Lamaran Pekerjaan Brainly

Posted on

Jika kamu sedang mencari pekerjaan, surat lamaran adalah salah satu dokumen yang wajib kamu siapkan. Surat lamaran berfungsi sebagai pengantar CV yang kamu kirimkan ke perusahaan. Melalui surat lamaran, kamu dapat memperkenalkan diri, menyampaikan keinginan untuk bekerja di perusahaan tersebut, dan menunjukkan kecocokan antara diri kamu dengan posisi yang sedang dibuka.

Bagaimana Struktur Surat Lamaran Pekerjaan?

Surat lamaran pekerjaan terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian pembukaan, bagian isi, dan bagian penutup.

1. Bagian Pembukaan

Bagian pembukaan surat lamaran pekerjaan berisi tentang identitas diri kamu dan perusahaan yang kamu lamar. Berikut ini contoh struktur bagian pembukaan:

  • Alamat
  • Tanggal
  • Nama perusahaan
  • Alamat perusahaan
  • Perihal (biasanya pemberitahuan mengenai posisi yang kamu lamar)

Contoh:

Jl. Jendral Sudirman No. 12Jakarta, 1 Mei 2021PT. ABCDJl. Kebon Jeruk No. 20JakartaPerihal: Lamaran Pekerjaan sebagai Marketing

2. Bagian Isi

Bagian isi surat lamaran pekerjaan berisi tentang penjelasan mengenai diri kamu, kualifikasi yang kamu miliki, dan kecocokan kamu dengan posisi yang dibuka oleh perusahaan. Berikut ini contoh struktur bagian isi:

  • Penjelasan singkat tentang diri kamu
  • Pengalaman kerja
  • Kualifikasi pendidikan
  • Kemampuan yang kamu miliki
  • Kesesuaian antara diri kamu dengan posisi yang dibuka oleh perusahaan
Pos Terkait:  Tuliskan Perkembangan Historiografi di Indonesia Beserta Ciri-cirinya

Contoh:

Saya, Andi, merupakan lulusan Sarjana Ekonomi dari Universitas ABCD. Saya memiliki pengalaman kerja sebagai marketing selama tiga tahun di PT. EFGH. Saya juga memiliki kemampuan dalam melakukan riset pasar, membuat strategi pemasaran, dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Saya sangat tertarik dengan posisi marketing yang dibuka oleh PT. ABCD dan saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan.

3. Bagian Penutup

Bagian penutup surat lamaran pekerjaan berisi tentang permintaan untuk diundang ke perusahaan untuk menjalani tahapan seleksi lebih lanjut. Berikut ini contoh struktur bagian penutup:

  • Penutup yang sopan
  • Permintaan untuk diundang ke perusahaan
  • Tanda tangan

Contoh:

Demikianlah surat lamaran ini saya sampaikan. Saya sangat berharap dapat diundang untuk mengikuti tahapan seleksi lebih lanjut dan berkontribusi bagi perusahaan. Terima kasih.Hormat saya,Andi

Kesimpulan

Struktur surat lamaran pekerjaan terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian pembukaan, bagian isi, dan bagian penutup. Dalam bagian pembukaan, kamu harus menyebutkan identitas diri kamu dan perusahaan yang kamu lamar. Bagian isi berisi tentang penjelasan mengenai diri kamu, kualifikasi yang kamu miliki, dan kecocokan kamu dengan posisi yang dibuka oleh perusahaan. Sedangkan, bagian penutup berisi tentang permintaan untuk diundang ke perusahaan untuk menjalani tahapan seleksi lebih lanjut.

Pos Terkait:  Apa Saja Ekspor Indonesia ke Jepang?

Jangan lupa untuk membuat surat lamaran yang menarik dan memperlihatkan profesionalisme kamu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *