Doa Setelah Wudhu Brainly

Posted on

Wudhu adalah salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh umat muslim sebelum melakukan ibadah lainnya, seperti sholat. Setelah selesai berwudhu, sebaiknya kita membaca doa setelah wudhu agar ibadah yang kita lakukan menjadi lebih sempurna.

Doa Setelah Wudhu

Berikut adalah doa setelah wudhu yang biasa dibaca oleh umat muslim:

اَشْهَدُ اَنْ لَّا اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya.

Manfaat Membaca Doa Setelah Wudhu

Membaca doa setelah wudhu memiliki banyak manfaat, antara lain:

  1. Menambah pahala
  2. Menghapus dosa
  3. Menyucikan hati dan pikiran
  4. Menjaga kebersihan

Dengan membaca doa setelah wudhu, kita juga diingatkan untuk selalu mengingat Allah dan mengikuti ajaran-Nya. Selain itu, membaca doa setelah wudhu juga dapat memberikan ketenangan dan kedamaian dalam hati.

Cara Membaca Doa Setelah Wudhu

Untuk membaca doa setelah wudhu, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Selesai berwudhu, keringkan seluruh tubuh kita dengan handuk yang bersih.
  2. Pastikan kita berada dalam keadaan yang suci, baik hati maupun badan.
  3. Berdiri dengan rapi dan tenang.
  4. Mulailah membaca doa setelah wudhu sambil mengangkat tangan kanan sejajar dengan telinga.
  5. Setelah selesai membaca doa, letakkan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian letakkan pada dada.
Pos Terkait:  Contoh Kalimat Narasi Brainly: Belajar Menulis Narasi dengan Baik

Doa Setelah Wudhu Dalam Al-Quran

Doa setelah wudhu juga terdapat dalam Al-Quran, yaitu dalam surat Al-Maidah ayat 6:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِّنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَـٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak mendapati air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur.

Kesimpulan

Doa setelah wudhu adalah doa yang harus dibaca oleh umat muslim setelah melakukan wudhu. Doa ini memiliki banyak manfaat, seperti menambah pahala, menghapus dosa, menyucikan hati dan pikiran, serta menjaga kebersihan. Untuk membaca doa setelah wudhu, kita dapat mengikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan. Selain itu, doa setelah wudhu juga terdapat dalam Al-Quran, yaitu dalam surat Al-Maidah ayat 6.

Pos Terkait:  Mengapa Biaya Semi Variabel yang Memiliki Biaya Tetap yang Rendah Selalu Dipilih oleh Perusahaan?

Dengan membaca doa setelah wudhu, kita diingatkan untuk selalu mengingat Allah dan mengikuti ajaran-Nya. Semoga kita senantiasa diberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah dan selalu mendapatkan rahmat serta ridha-Nya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *