Cara Menghitung Zakat Fitrah Brainly

Posted on

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim pada bulan Ramadhan. Zakat fitrah merupakan zakat yang dikeluarkan untuk membersihkan diri dari segala dosa yang dilakukan selama setahun. Zakat fitrah juga dikeluarkan untuk membantu kaum fakir miskin agar dapat merayakan hari raya Idul Fitri dengan bahagia.

Pengertian Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan zakat yang dikeluarkan pada bulan Ramadhan sesuai dengan jumlah orang yang ada dalam keluarga. Zakat fitrah juga dikeluarkan untuk membersihkan diri dari segala dosa yang dilakukan selama setahun. Zakat fitrah juga dikeluarkan untuk membantu kaum fakir miskin agar dapat merayakan hari raya Idul Fitri dengan bahagia.

Cara Menghitung Zakat Fitrah Brainly

Untuk menghitung zakat fitrah, ada beberapa langkah yang harus dilakukan:

Pos Terkait:  Mengapa Sebelum Berenang Harus Melakukan Pemanasan Terlebih Dahulu

1. Menentukan Nishab Zakat Fitrah

Nishab zakat fitrah adalah jumlah yang harus dipenuhi oleh setiap muslim untuk membayar zakat fitrah. Nishab zakat fitrah saat ini adalah sebesar 3,5 liter beras atau makanan pokok lainnya. Jika jumlah makanan pokok yang dimiliki kurang dari nishab, maka tidak diperlukan untuk membayar zakat fitrah.

2. Menentukan Jumlah Orang yang Harus Dibelikan Zakat Fitrah

Jumlah orang yang harus dibelikan zakat fitrah adalah jumlah anggota keluarga yang ada dalam satu rumah. Jika dalam satu rumah terdapat 4 orang anggota keluarga, maka harus dikeluarkan zakat fitrah sebanyak 4 x nishab zakat fitrah.

3. Menentukan Harga Zakat Fitrah

Harga zakat fitrah saat ini adalah sebesar Rp. 25.000,- per orang. Jika jumlah anggota keluarga dalam satu rumah adalah 4 orang, maka harga zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebesar Rp. 100.000,-.

4. Mengeluarkan Zakat Fitrah

Setelah menentukan jumlah orang dan harga zakat fitrah yang harus dikeluarkan, selanjutnya adalah mengeluarkan zakat fitrah. Zakat fitrah dapat dikeluarkan dalam bentuk beras, uang, atau makanan pokok lainnya sesuai dengan kebiasaan yang ada.

Contoh Perhitungan Zakat Fitrah Brainly

Contoh perhitungan zakat fitrah untuk sebuah keluarga yang terdiri dari 4 orang dengan nishab zakat fitrah sebesar 3,5 liter beras adalah sebagai berikut:

Pos Terkait:  Mengapa Matahari Menjadi Pusat Tata Surya?

1. Menentukan Nishab Zakat Fitrah

Nishab zakat fitrah adalah 3,5 liter beras.

2. Menentukan Jumlah Orang yang Harus Dibelikan Zakat Fitrah

Jumlah orang yang harus dikeluarkan zakat fitrah adalah 4 orang.

3. Menentukan Harga Zakat Fitrah

Harga zakat fitrah saat ini adalah Rp. 25.000,- per orang. Jadi, total harga zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah 4 x Rp. 25.000,- = Rp. 100.000,-.

4. Mengeluarkan Zakat Fitrah

Zakat fitrah dapat dikeluarkan dalam bentuk beras, uang, atau makanan pokok lainnya sesuai dengan kebiasaan yang ada.

Kesimpulan

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim pada bulan Ramadhan. Zakat fitrah juga dikeluarkan untuk membersihkan diri dari segala dosa yang dilakukan selama setahun dan membantu kaum fakir miskin agar dapat merayakan hari raya Idul Fitri dengan bahagia. Untuk menghitung zakat fitrah, ada beberapa langkah yang harus dilakukan seperti menentukan nishab zakat fitrah, jumlah orang yang harus dikeluarkan zakat fitrah, harga zakat fitrah, dan mengeluarkan zakat fitrah.

Related posts:
Pos Terkait:  Sejarah Bulu Tangkis Brainly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *