Cerita Legenda Bahasa Jawa Singkat dan Pendek Brainly

Posted on

Jawa merupakan salah satu suku di Indonesia yang memiliki kebudayaan yang sangat kaya. Banyak kisah-kisah legenda yang berasal dari suku Jawa yang masih terkenang hingga saat ini. Cerita legenda bahasa Jawa singkat dan pendek Brainly merupakan salah satu contoh kisah legenda yang populer di kalangan masyarakat Jawa. Berikut adalah beberapa cerita legenda bahasa Jawa singkat dan pendek yang bisa Anda ketahui.

1. Legenda Roro Jonggrang

Legenda Roro Jonggrang bercerita tentang seorang putri cantik yang sangat terkenal di Jawa. Putri tersebut bernama Roro Jonggrang. Suatu hari, seorang pangeran bernama Bandung Bondowoso jatuh cinta pada Roro Jonggrang dan meminta agar putri tersebut menikahinya. Namun, Roro Jonggrang tidak mau menikah dengan pangeran tersebut dan memberikan syarat agar pangeran membangun seribu candi dalam semalam. Pangeran Bandung Bondowoso berhasil membangun 999 candi dalam semalam, namun Roro Jonggrang membuat suara gaduh dan membuat ayam berkokok sehingga pangeran tidak berhasil menyelesaikan tugasnya. Akhirnya, pangeran Bandung Bondowoso marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung batu.

2. Legenda Nyai Roro Kidul

Legenda Nyai Roro Kidul bercerita tentang seorang ratu laut yang terkenal di Jawa. Nyai Roro Kidul dikenal sebagai ratu laut yang sangat cantik dan memiliki kekuatan yang luar biasa. Konon, Nyai Roro Kidul sering muncul di pantai selatan Jawa dan memanggil orang-orang untuk mengajak mereka ke alam bawah laut. Namun, jika seseorang tidak mematuhi perintah Nyai Roro Kidul, maka orang tersebut akan tenggelam dan tidak bisa kembali ke permukaan laut.

3. Legenda Jaka Tarub

Legenda Jaka Tarub bercerita tentang seorang pemuda tampan bernama Jaka Tarub yang jatuh cinta pada seorang bidadari. Suatu hari, Jaka Tarub berhasil mencuri kain bidadari tersebut dan membawanya pulang. Namun, kain tersebut ternyata berisi kekuatan magis sehingga bidadari tersebut tidak bisa kembali ke alam bidadari. Akhirnya, Jaka Tarub berhasil menikahi bidadari tersebut dan memiliki anak yang bernama Nawang Wulan.

Pos Terkait:  Cerita Timun Mas Brainly: Kisah Seru yang Menghibur Anak-Anak

4. Legenda Damarwulan

Legenda Damarwulan bercerita tentang seorang pemuda bernama Damarwulan yang memiliki kekuatan yang luar biasa. Damarwulan berhasil menaklukkan Kerajaan Majapahit dan menjadi raja di kerajaan tersebut. Namun, Damarwulan jatuh cinta pada putri Kerajaan Majapahit yang bernama Anjasmara. Untuk memperoleh hati Anjasmara, Damarwulan harus mengalahkan sang raja dan membebaskan Anjasmara dari pernikahannya yang sudah diatur.

5. Legenda Loro Blonyo

Legenda Loro Blonyo bercerita tentang sepasang pengantin yang hidupnya tidak bahagia. Mereka selalu bertengkar dan saling menyakiti satu sama lain. Suatu hari, mereka berpisah dan masing-masing hidup sendiri. Namun, mereka merindukan satu sama lain dan akhirnya dipertemukan kembali oleh seorang dukun. Setelah dipertemukan kembali, mereka akhirnya hidup bahagia dan harmonis.

6. Legenda Malin Kundang

Legenda Malin Kundang bercerita tentang seorang pemuda yang sombong dan tidak menghargai ibunya. Suatu hari, Malin Kundang menjadi kaya dan meninggalkan ibunya yang miskin di desa. Namun, suatu hari Malin Kundang dihukum Tuhan karena kesombongannya dan menjadi batu di pantai.

7. Legenda Rawa Pening

Legenda Rawa Pening bercerita tentang sebuah danau yang terletak di Jawa Tengah. Konon, danau tersebut merupakan bekas kawah gunung berapi yang sudah tidak aktif. Di dalam danau tersebut terdapat kerajaan bawah air yang dipimpin oleh seorang ratu cantik. Namun, jika seseorang melakukan hal yang buruk di sekitar danau, maka ratu tersebut akan marah dan membuat banjir untuk menghukum orang tersebut.

8. Legenda Putri Tangguk

Legenda Putri Tangguk bercerita tentang seorang putri cantik yang hidupnya selalu diwarnai oleh keajaiban. Putri Tangguk memiliki kekuatan magis yang luar biasa sehingga dia bisa mengubah segala sesuatu menjadi apa yang dia inginkan. Namun, kekuatan tersebut sering disalahgunakan oleh Putri Tangguk sehingga dia dihukum oleh Tuhan dan diubah menjadi pohon.

9. Legenda Timun Mas

Legenda Timun Mas bercerita tentang seorang bayi perempuan yang lahir dari sebutir timun. Bayi tersebut ditemukan oleh seorang petani yang kemudian membesarkannya seperti anak sendiri. Namun, saat Timun Mas sudah tumbuh dewasa, dia harus melarikan diri dari iblis yang ingin memakannya. Sebelum melarikan diri, Timun Mas diberikan tiga buah telur oleh petani tersebut. Telur tersebut bisa digunakan untuk memanggil burung-burung ajaib yang bisa membantu Timun Mas.

10. Legenda Sangkuriang

Legenda Sangkuriang bercerita tentang seorang pemuda yang jatuh cinta pada ibunya sendiri. Sangkuriang tidak tahu bahwa perempuan yang dicintainya adalah ibunya sendiri dan akhirnya mereka hampir menikah. Namun, ibunya mengetahui hal tersebut dan menghentikan pernikahan tersebut. Sangkuriang marah dan menendang gunung sehingga menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Pos Terkait:  Contoh Iklan Brainly: Meningkatkan Pemahaman Pelajar dengan Teknologi

11. Legenda Jaka Tarub dan 7 Bidadari

Legenda Jaka Tarub dan 7 Bidadari bercerita tentang seorang pemuda tampan bernama Jaka Tarub yang bertemu dengan 7 bidadari di hutan. Jaka Tarub berhasil mencuri kain bidadari tersebut dan mengambil satu bidadari untuk dijadikan istrinya. Namun, bidadari tersebut meninggalkan Jaka Tarub setelah mengetahui bahwa kainnya telah dicuri. Akhirnya, Jaka Tarub hidup sendiri dan menyesali perbuatannya.

12. Legenda Toba

Legenda Toba bercerita tentang sebuah danau yang terletak di Sumatera Utara. Konon, danau tersebut merupakan bekas kawah gunung berapi yang sudah tidak aktif. Di dalam danau tersebut terdapat kerajaan bawah air yang dipimpin oleh seorang raja yang sangat kuat. Namun, jika seseorang melakukan hal yang buruk di sekitar danau, maka raja tersebut akan marah dan membuat banjir untuk menghukum orang tersebut.

13. Legenda Malin Kundang dan Ibunya

Legenda Malin Kundang dan Ibunya bercerita tentang seorang pemuda yang sombong dan tidak menghargai ibunya. Suatu hari, Malin Kundang menjadi kaya dan meninggalkan ibunya yang miskin di desa. Namun, ibunya selalu berdoa agar Malin Kundang dihukum Tuhan karena kesombongannya. Akhirnya, Malin Kundang dihukum Tuhan dan menjadi batu di pantai.

14. Legenda Kancil dan Harimau

Legenda Kancil dan Harimau bercerita tentang sebuah kejadian di hutan. Kancil berhasil menipu Harimau dan membuat Harimau jatuh ke dalam perangkap. Namun, Kancil berhasil menyelamatkan Harimau dan membuat Harimau berterima kasih padanya. Akhirnya, Kancil berhasil keluar sebagai pemenang dalam kejadian tersebut.

15. Legenda Prambanan

Legenda Prambanan bercerita tentang sebuah candi yang terletak di Jawa Tengah. Konon, candi tersebut dibangun oleh seorang raksasa yang jatuh cinta pada seorang putri. Namun, putri tersebut tidak mau menikah dengan raksasa tersebut dan meminta agar raksasa membangun seribu candi dalam semalam. Raksasa tersebut hampir berhasil menyelesaikan tugasnya, namun putri tersebut membuat suara gaduh dan membuat ayam berkokok sehingga raksasa tidak berhasil menyelesaikan tugasnya. Akhirnya, raksasa tersebut marah dan mengutuk putri tersebut menjadi batu.

16. Legenda Gunung Merbabu

Legenda Gunung Merbabu bercerita tentang seorang pemuda yang jatuh cinta pada seorang putri cantik. Namun, putri tersebut tidak mau menikah dengan pemuda tersebut dan memberikan syarat agar pemuda membangun sebuah istana di puncak gunung. Pemuda tersebut berhasil membangun istana tersebut dan putri tersebut akhirnya menikah dengannya.

Pos Terkait:  Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 29 Brainly

17. Legenda Gunung Bromo

Legenda Gunung Bromo bercerita tentang seorang pemuda yang jatuh cinta pada seorang putri. Namun, putri tersebut tidak mau menikah dengan pemuda tersebut dan memberikan syarat agar pemuda membangun sebuah tempat ibadah di puncak gunung. Pemuda tersebut berhasil membangun tempat ibadah tersebut dan putri tersebut akhirnya menikah dengannya.

18. Legenda Gunung Kelud

Legenda Gunung Kelud bercerita tentang seorang pemuda yang jatuh cinta pada seorang putri. Namun, putri tersebut tidak mau menikah dengan pemuda tersebut dan memberikan syarat agar pemuda membangun sebuah jembatan di puncak gunung. Pemuda tersebut berhasil membangun jembatan tersebut dan putri tersebut akhirnya menikah dengannya.

19. Legenda Gunung Merapi

Legenda Gunung Merapi bercerita tentang seorang pemuda yang jatuh cinta pada seorang putri. Namun, putri tersebut tidak mau menikah dengan pemuda tersebut dan memberikan syarat agar pemuda membangun sebuah taman di puncak gunung. Pemuda tersebut berhasil membangun taman tersebut dan putri tersebut akhirnya menikah dengannya.

20. Legenda Gunung Ungaran

Legenda Gunung Ungaran bercerita tentang seorang pemuda yang jatuh cinta pada seorang putri. Namun, putri tersebut tidak mau menikah dengan pemuda tersebut dan memberikan syarat agar pemuda membangun sebuah kolam di puncak gunung. Pemuda tersebut berhasil membangun kolam tersebut dan putri tersebut akhirnya menikah dengannya.

21. Legenda Gunung Lawu

Legenda Gunung Lawu bercerita tentang seorang pemuda yang jatuh cinta pada seorang putri. Namun, putri tersebut tidak mau menikah dengan pemuda tersebut dan memberikan syarat agar pemuda membangun sebuah taman bunga di puncak gunung. Pemuda tersebut berhasil membangun taman bunga tersebut dan putri tersebut akhirnya menikah dengannya.

22. Legenda Gunung Slamet

Legenda Gunung Slamet bercerita tentang seorang pemuda yang jatuh cinta pada seorang putri. Namun, putri tersebut tidak mau menikah dengan pemuda tersebut dan memberikan syarat agar pemuda membangun sebuah tempat peristirahatan di puncak gunung. Pemuda tersebut berhasil membangun tempat peristirahatan tersebut dan putri tersebut akhirnya menikah dengannya.

23. Legenda Gunung Merbabu dan Merapi

Legenda Gunung Merbabu dan Merapi bercerita tentang dua gunung yang saling mencintai. Namun, karena jarak yang ter

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *