Letak Geografis Negara-Negara ASEAN: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara. Terdiri dari 10 negara anggota, ASEAN didirikan pada tahun 1967 dengan tujuan untuk mempromosikan kerja sama ekonomi, politik, dan keamanan di antara negara-negara anggotanya. Karena letak geografis yang berdekatan, negara-negara ASEAN memiliki banyak kesamaan dalam hal budaya dan sejarah. Di artikel ini, kami akan membahas tentang letak geografis negara-negara ASEAN dan informasi penting lainnya.

Letak Geografis Negara-Negara ASEAN

Negara-negara anggota ASEAN terletak di kawasan Asia Tenggara yang meliputi wilayah seluas 4,5 juta km². Berikut adalah daftar negara-negara anggota ASEAN beserta letak geografisnya:

1. Indonesia

Indonesia adalah negara terbesar di ASEAN dengan wilayah seluas 1,9 juta km². Negara ini terletak di antara 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT. Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau. Negara ini berbatasan dengan Malaysia di sebelah barat, Papua Nugini di sebelah timur, dan Australia di sebelah selatan.

Pos Terkait:  Dalil Qadha dan Qadar Brainly: Mendalami Konsep Takdir dalam Islam

2. Malaysia

Malaysia terletak di Asia Tenggara bagian timur dengan wilayah seluas 329.847 km². Negara ini berbatasan dengan Thailand di sebelah utara, Indonesia di sebelah barat, dan Brunei serta Singapura di sebelah selatan. Malaysia juga memiliki garis pantai yang panjangnya sekitar 4.675 km.

3. Filipina

Terletak di Asia Tenggara bagian timur, Filipina memiliki wilayah seluas 300.000 km². Negara ini berbatasan dengan Taiwan di sebelah utara, Indonesia di sebelah selatan, dan Malaysia serta Brunei di sebelah barat. Filipina juga merupakan negara kepulauan dengan lebih dari 7.000 pulau.

4. Singapura

Singapura adalah negara terkecil di ASEAN dengan wilayah seluas 728,3 km². Negara ini terletak di ujung selatan Semenanjung Malaysia. Singapura juga merupakan negara pulau dengan satu-satunya pulau utamanya yaitu Pulau Singapura.

5. Thailand

Thailand terletak di Asia Tenggara bagian barat daya dengan wilayah seluas 513.120 km². Negara ini berbatasan dengan Laos dan Kamboja di sebelah timur, Malaysia di sebelah selatan, dan Myanmar di sebelah utara dan barat.

6. Vietnam

Vietnam terletak di Asia Tenggara bagian timur laut dengan wilayah seluas 331.212 km². Negara ini berbatasan dengan Kamboja dan Laos di sebelah barat, China di sebelah utara, dan Laut China Selatan di sebelah timur dan selatan.

Pos Terkait:  Kesimpulan Media Sosial Brainly

7. Brunei

Brunei adalah negara kecil di ASEAN dengan wilayah seluas 5.765 km². Negara ini terletak di pantai utara Pulau Kalimantan dan berbatasan dengan Malaysia di sebelah utara dan selatan.

8. Kamboja

Kamboja terletak di Asia Tenggara bagian tenggara dengan wilayah seluas 181.035 km². Negara ini berbatasan dengan Thailand di sebelah barat, Laos di sebelah utara, dan Vietnam di sebelah timur dan selatan.

9. Laos

Laos terletak di Asia Tenggara bagian timur laut dengan wilayah seluas 236.800 km². Negara ini berbatasan dengan Thailand di sebelah barat, Myanmar di sebelah barat laut, China di sebelah utara, dan Vietnam dan Kamboja di sebelah timur dan selatan.

10. Myanmar

Myanmar terletak di Asia Tenggara bagian barat daya dengan wilayah seluas 676.577 km². Negara ini berbatasan dengan Bangladesh dan India di sebelah barat, China di sebelah utara dan timur laut, Laos di sebelah timur, dan Thailand di sebelah selatan.

Kesimpulan

ASEAN terdiri dari 10 negara anggota yang terletak di Asia Tenggara. Negara-negara anggota ASEAN memiliki letak geografis yang berdekatan dan memiliki banyak kesamaan dalam hal budaya dan sejarah. Dengan mengetahui letak geografis negara-negara ASEAN, kita dapat memahami lebih baik tentang kawasan Asia Tenggara dan memperluas wawasan kita tentang dunia.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *