Thaharah Menurut Bahasa Artinya Brainly

Posted on

Thaharah atau taharah adalah istilah dalam agama Islam yang berarti bersuci atau membersihkan diri. Menurut bahasa artinya, thaharah berasal dari kata “tahar” yang memiliki arti “bersih”. Proses thaharah dilakukan untuk membersihkan diri dari kotoran dan najis, baik yang terlihat atau tidak terlihat dengan mata telanjang.

Macam-macam Thaharah

Ada beberapa macam thaharah dalam Islam, antara lain:

1. Thaharah Besar (Junub)

Thaharah besar atau junub adalah jenis thaharah yang dilakukan oleh seseorang setelah melakukan hubungan suami istri atau mimpi basah. Thaharah ini dilakukan dengan mandi besar atau mandi wajib.

2. Thaharah Kecil (Wudhu)

Thaharah kecil atau wudhu dilakukan sebelum melakukan ibadah shalat. Thaharah ini dilakukan dengan membasuh anggota tubuh tertentu seperti wajah, tangan, dan kaki.

3. Thaharah Setelah Buang Air Besar atau Kecil

Thaharah ini dilakukan setelah buang air besar atau kecil untuk membersihkan diri dari kotoran yang mungkin menempel pada anggota tubuh.

Pos Terkait:  Diplomatik Adalah Brainly: Pentingnya Pendidikan dan Pengetahuan dalam Diplomasi Global

4. Thaharah Nifas

Thaharah nifas dilakukan oleh wanita setelah melahirkan. Thaharah ini dilakukan dengan mandi besar atau mandi wajib untuk membersihkan diri dari darah nifas.

Cara Melakukan Thaharah

Cara melakukan thaharah tergantung pada jenis thaharah yang dilakukan. Berikut adalah beberapa cara melakukan thaharah:

1. Mandi Besar (Junub)

Untuk melakukan mandi besar atau junub, seseorang harus membasuh seluruh tubuhnya dengan air dan sabun. Selain itu, seseorang juga harus membersihkan gigi, membasuh rambut, dan membasuh telinga.

2. Wudhu

Untuk melakukan wudhu, seseorang harus membasuh wajah, tangan, lengan, kepala, dan kaki. Setiap anggota tubuh tersebut harus dibasuh sebanyak tiga kali.

3. Thaharah Setelah Buang Air Besar atau Kecil

Untuk melakukan thaharah setelah buang air besar atau kecil, seseorang harus membersihkan diri dengan air dan tisu atau kain. Seseorang juga harus memastikan bahwa tidak ada kotoran yang menempel pada anggota tubuh.

4. Thaharah Nifas

Untuk melakukan thaharah nifas, wanita harus mandi wajib atau mandi besar. Wanita juga harus memastikan bahwa tidak ada darah nifas yang tersisa pada anggota tubuh.

Keutamaan Thaharah

Thaharah memiliki banyak keutamaan dalam agama Islam, antara lain:

Pos Terkait:  Mantra Menjadi Mermaid Brainly: Rahasia Memiliki Kemampuan Luar Biasa

1. Menjaga Kebersihan

Thaharah dapat membantu seseorang menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitarnya.

2. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Thaharah dapat meningkatkan kualitas ibadah seseorang karena seseorang yang bersih akan lebih khusyuk dalam melaksanakan ibadah.

3. Menjaga Kesehatan

Thaharah juga dapat membantu seseorang menjaga kesehatan tubuhnya karena seseorang yang bersih akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Kesimpulan

Thaharah atau taharah adalah istilah dalam agama Islam yang berarti bersuci atau membersihkan diri. Ada beberapa macam thaharah dalam Islam, antara lain thaharah besar (junub), thaharah kecil (wudhu), thaharah setelah buang air besar atau kecil, dan thaharah nifas. Thaharah memiliki banyak keutamaan dalam agama Islam, antara lain menjaga kebersihan, meningkatkan kualitas ibadah, dan menjaga kesehatan. Oleh karena itu, thaharah sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *