Rumus Luas Permukaan Prisma Segitiga Brainly

Posted on

Prisma segitiga adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki lima bidang datar, yaitu dua segitiga sebagai alas dan atap serta tiga persegi panjang sebagai sisi-sisinya. Karena memiliki lima bidang datar, maka rumus luas permukaan prisma segitiga akan berbeda dengan rumus luas permukaan prisma yang lainnya.

Rumus Luas Permukaan Prisma Segitiga

Rumus luas permukaan prisma segitiga adalah sebagai berikut:

Luas Permukaan Prisma Segitiga = Luas Alas + 3 x Luas Sisi

Untuk menghitung luas permukaan prisma segitiga, kita perlu mengetahui terlebih dahulu luas alas dan luas sisi-sisinya. Berikut ini adalah rumus-rumus untuk menghitung luas alas dan luas sisi pada prisma segitiga:

Rumus Luas Alas Prisma Segitiga

Rumus luas alas prisma segitiga adalah:

Luas Alas = 1/2 x Alas Segitiga x Tinggi Segitiga

Dalam rumus di atas, alas segitiga adalah panjang sisi miring segitiga yang menjadi alas prisma, sedangkan tinggi segitiga adalah jarak antara alas segitiga dengan titik puncak segitiga yang menjadi atap prisma.

Rumus Luas Sisi Prisma Segitiga

Rumus luas sisi prisma segitiga adalah:

Pos Terkait:  Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 118 Brainly

Luas Sisi = Alas Segitiga x Tinggi Prisma

Dalam rumus di atas, alas segitiga adalah panjang sisi miring segitiga yang menjadi alas prisma, sedangkan tinggi prisma adalah jarak antara dua bidang segitiga yang bersebelahan pada prisma segitiga.

Contoh Soal dan Pembahasan

Misalkan sebuah prisma segitiga memiliki alas segitiga dengan panjang sisi miring 10 cm dan tinggi segitiga 8 cm, serta memiliki tinggi prisma 12 cm. Berapakah luas permukaan prisma segitiga tersebut?

Jawab:

Luas Alas = 1/2 x Alas Segitiga x Tinggi Segitiga

= 1/2 x 10 cm x 8 cm

= 40 cm2

Luas Sisi = Alas Segitiga x Tinggi Prisma

= 10 cm x 12 cm

= 120 cm2

Luas Permukaan Prisma Segitiga = Luas Alas + 3 x Luas Sisi

= 40 cm2 + 3 x 120 cm2

= 400 cm2

Jadi, luas permukaan prisma segitiga adalah 400 cm2.

Kesimpulan

Rumus luas permukaan prisma segitiga adalah Luas Permukaan Prisma Segitiga = Luas Alas + 3 x Luas Sisi. Untuk menghitung luas permukaan prisma segitiga, kita perlu menghitung terlebih dahulu luas alas dan luas sisi-sisinya dengan rumus Luas Alas = 1/2 x Alas Segitiga x Tinggi Segitiga dan Luas Sisi = Alas Segitiga x Tinggi Prisma. Dengan menggunakan rumus-rumus tersebut, kita dapat dengan mudah menghitung luas permukaan prisma segitiga pada berbagai macam bentuk dan ukuran prisma segitiga.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *