Tidak Berkumur-Kumur Saat Wudhu Maka Wudhunya Brainly

Posted on

Wudhu adalah salah satu syarat sahnya shalat. Sehingga, setiap muslim yang akan melaksanakan shalat wajib melakukan wudhu. Wudhu sendiri terdiri dari beberapa rukun, salah satunya adalah berkumur-kumur. Namun, apakah wudhu tersebut akan batal jika tidak melakukan rukun berkumur-kumur? Apakah wudhu tersebut masih sah?

Arti Berkumur-Kumur dalam Wudhu

Berkumur-kumur dalam wudhu adalah rukun yang dilakukan dengan memasukkan air ke dalam mulut, kemudian menggerak-gerakkan air tersebut di dalam mulut dan meludahkannya kembali. Rukun ini dilakukan pada tahap ketiga wudhu, setelah mencuci muka dan tangan.

Hukum Tidak Berkumur-Kumur Saat Wudhu

Menurut sebagian ulama, tidak berkumur-kumur saat wudhu dapat membatalkan wudhu. Hal ini dikarenakan berkumur-kumur adalah salah satu rukun dari wudhu. Sehingga, jika rukun tersebut tidak dilakukan, wudhu tidak sah dan tidak dapat digunakan untuk melaksanakan shalat.

Namun, menurut sebagian ulama yang lain, tidak berkumur-kumur saat wudhu tidak akan membatalkan wudhu. Hal ini dikarenakan berkumur-kumur dianggap sebagai sunnah dan bukan rukun wudhu. Sehingga, jika tidak berkumur-kumur, wudhu masih sah dan dapat digunakan untuk melaksanakan shalat.

Pos Terkait:  Qanaah Adalah Brainly: Meningkatkan Kualitas Hidup dengan Hati yang Tenang

Penjelasan Hadits Tentang Berkumur-Kumur dalam Wudhu

Adapun hadits yang menjelaskan tentang berkumur-kumur dalam wudhu adalah sebagai berikut:

“Berkumur-kumurlah kalian, karena sesungguhnya itu adalah membersihkan mulut dan menyenangkan hati orang yang melihatmu.” (HR. Abu Dawud dan An-Nasa’i)

Hadits ini menjelaskan bahwa berkumur-kumur dalam wudhu bukan hanya sebagai rukun, tetapi juga sebagai sunnah yang dianjurkan. Selain itu, berkumur-kumur juga dapat membuat mulut menjadi bersih dan menyenangkan bagi orang yang melihatnya.

Manfaat Berkumur-Kumur dalam Wudhu

Berkumur-kumur dalam wudhu memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Membersihkan mulut dari kotoran dan bau tidak sedap
  2. Menjaga kesehatan gigi dan gusi
  3. Menjaga kesehatan saluran pernapasan
  4. Menjaga kebersihan mulut dan meningkatkan rasa percaya diri

Kesimpulan

Secara umum, berkumur-kumur dalam wudhu adalah rukun yang wajib dilakukan. Namun, jika tidak melakukan rukun ini, wudhu masih dianggap sah menurut sebagian ulama. Meskipun demikian, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari berkumur-kumur dalam wudhu, seperti menjaga kesehatan gigi dan gusi, serta meningkatkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu melakukan rukun wudhu dengan benar dan tidak mengabaikan sunnah-sunnah yang dianjurkan.

Related posts:
Pos Terkait:  Proses Terjadinya Pelangi Brainly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *