Sejarah Pancasila Singkat Brainly

Posted on

Apa itu Pancasila?

Pancasila adalah dasar negara dan ideologi Indonesia. Kata “Pancasila” berasal dari bahasa Sanskerta, yang berarti “lima prinsip”. Pancasila pertama kali diperkenalkan oleh Soekarno, Presiden pertama Indonesia, pada tanggal 1 Juni 1945.

Apa saja prinsip-prinsip Pancasila?

Prinsip-prinsip Pancasila terdiri dari lima prinsip, yaitu:1. Ketuhanan Yang Maha Esa2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab3. Persatuan Indonesia4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sejarah Singkat Pancasila

Pancasila pertama kali diperkenalkan oleh Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 di hadapan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Pancasila kemudian disahkan sebagai dasar negara oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada tanggal 18 Agustus 1945.Setelah itu, Pancasila dicantumkan dalam Pembukaan UUD 1945 dan dijadikan sebagai dasar negara dan ideologi Indonesia.

Prinsip Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa

Prinsip pertama Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Prinsip ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia percaya dan taat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tuhan Yang Maha Esa bisa diartikan sebagai Allah, Tuhan, atau Yang Maha Kuasa.

Pos Terkait:  Dampak Westernisasi Brainly Terhadap Budaya dan Masyarakat Indonesia

Prinsip Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Prinsip kedua Pancasila adalah Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Prinsip ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia harus menghargai martabat manusia, memperjuangkan hak asasi manusia, dan mengutamakan keadilan.

Prinsip Ketiga: Persatuan Indonesia

Prinsip ketiga Pancasila adalah Persatuan Indonesia. Prinsip ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia harus memperjuangkan persatuan dan kesatuan, serta menjaga keutuhan wilayah Indonesia.

Prinsip Keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Prinsip keempat Pancasila adalah Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Prinsip ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia harus menjunjung tinggi demokrasi, menghargai pendapat orang lain, dan memilih pemimpin melalui pemilihan umum.

Prinsip Kelima: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Prinsip kelima Pancasila adalah Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Prinsip ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia harus memperjuangkan keadilan sosial, mengurangi kesenjangan sosial, dan memberikan kesempatan yang sama bagi semua warga negara.

Penutup

Itulah sejarah Pancasila singkat Brainly. Pancasila merupakan dasar negara dan ideologi Indonesia yang menjadi pedoman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan memahami prinsip-prinsip Pancasila, diharapkan bangsa Indonesia dapat membangun negara yang lebih baik dan adil.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *