Biografi Ir Soekarno Singkat Brainly

Posted on

1. Pendahuluan

Ir Soekarno adalah salah satu tokoh besar Indonesia yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Beliau merupakan proklamator kemerdekaan Indonesia dan juga presiden pertama Indonesia. Biografi Ir Soekarno sangat menarik untuk dipelajari karena banyak sekali pengalaman hidup yang beliau alami.

2. Awal Kehidupan

Ir Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Blitar, Jawa Timur. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo, seorang guru agama Islam, sedangkan ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Ir Soekarno merupakan anak keempat dari delapan bersaudara.

3. Pendidikan

Ir Soekarno menghabiskan masa kecilnya di desa tempat tinggalnya. Beliau belajar di Hollandsch-Inlandsche School (HIS) Blitar dan kemudian melanjutkan ke MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs) di Mojokerto. Setelah itu, beliau melanjutkan ke HBS (Hoogere Burger School) di Surabaya.

4. Aktivisme

Ir Soekarno mulai tertarik dengan dunia politik pada saat belajar di HBS. Beliau sering mengikuti kegiatan organisasi dan menjadi anggota Sarekat Islam. Pada tahun 1927, beliau mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) yang menjadi salah satu partai politik terbesar pada saat itu.

Pos Terkait:  Iklan yang Dicetak Biasanya Diterbitkan di Brainly

5. Penjara

Pada tahun 1929, Ir Soekarno dipenjara oleh pemerintah kolonial Belanda karena dianggap sebagai tokoh yang mengancam keamanan. Beliau dipenjara selama empat tahun di Banceuy, Bandung.

6. Proklamasi Kemerdekaan

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir Soekarno bersama dengan Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Beliau kemudian menjadi presiden pertama Indonesia dan memimpin negara selama 22 tahun.

7. Konfrontasi dengan Malaysia

Pada tahun 1963, Ir Soekarno memulai konfrontasi dengan Malaysia yang berlangsung sampai tahun 1966. Konfrontasi ini menyebabkan kerugian besar bagi kedua negara dan akhirnya berakhir dengan kekalahan Indonesia.

8. G30S/PKI

Pada tanggal 30 September 1965, terjadi peristiwa G30S/PKI yang mengguncang Indonesia. Ir Soekarno diculik oleh kelompok yang mendukung PKI dan dipaksa untuk menandatangani surat perintah pembantaian terhadap jenderal-jenderal yang dianggap sebagai musuh PKI.

9. Penggulingan

Pada tahun 1967, Ir Soekarno digulingkan oleh Jenderal Soeharto dalam peristiwa yang dikenal sebagai “Operasi Tumpas”. Beliau kemudian diasingkan ke Pulau Rusa, Bogor dan meninggal dunia pada tanggal 21 Juni 1970.

10. Kesimpulan

Biografi Ir Soekarno adalah kisah hidup yang sangat inspiratif. Beliau merupakan tokoh yang sangat berjasa dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dan juga sebagai presiden pertama Indonesia. Meskipun banyak mengalami cobaan dan kesulitan, beliau tetap teguh dalam perjuangannya untuk Indonesia.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *