Nama Nama Bulan dalam Bahasa Inggris Brainly

Posted on

Bulan adalah salah satu unsur dalam sistem penanggalan yang digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, terdapat dua jenis penanggalan yang umum digunakan, yaitu penanggalan Masehi dan penanggalan Hijriyah. Keduanya memiliki sistem penamaan bulan yang berbeda.

Namun, bagi Anda yang ingin belajar bahasa Inggris, mengetahui nama-nama bulan dalam bahasa Inggris tentu akan sangat membantu. Berikut adalah nama-nama bulan dalam bahasa Inggris beserta artinya:

1. January

January adalah bulan pertama dalam kalender Masehi. Nama bulan ini berasal dari kata Janus, dewa Romawi yang memiliki dua wajah. Janus melambangkan permulaan dan akhiran, sehingga nama bulan ini dipilih untuk melambangkan permulaan tahun baru.

2. February

February atau Februari adalah bulan kedua dalam kalender Masehi. Nama bulan ini berasal dari bahasa Latin Februarius, yang artinya “bulan pembersihan”. Bulan ini merupakan bulan terakhir dalam kalender Romawi sebelum memasuki musim semi.

3. March

March atau Maret adalah bulan ketiga dalam kalender Masehi. Nama bulan ini berasal dari kata Mars, dewa perang dalam mitologi Romawi. Bulan ini dipilih untuk melambangkan musim perang yang dimulai pada masa kuno.

Pos Terkait:  Arti Kata Bhinneka Adalah Brainly

4. April

April adalah bulan keempat dalam kalender Masehi. Asal usul nama bulan ini masih diperdebatkan. Ada yang mengatakan bahwa nama bulan ini berasal dari kata Latin aperire yang artinya “membuka”, karena pada bulan ini tumbuh banyak bunga.

5. May

May atau Mei adalah bulan kelima dalam kalender Masehi. Nama bulan ini berasal dari kata Maia, dewi kesuburan dalam mitologi Yunani. Bulan ini dipilih untuk melambangkan musim panen dan kesuburan tanah.

6. June

June atau Juni adalah bulan keenam dalam kalender Masehi. Nama bulan ini berasal dari kata Juno, dewi pernikahan dan kelahiran dalam mitologi Romawi. Bulan ini dipilih untuk melambangkan musim pernikahan dan kelahiran yang banyak terjadi pada saat itu.

7. July

July atau Juli adalah bulan ketujuh dalam kalender Masehi. Nama bulan ini berasal dari Julius Caesar, seorang jenderal dan kaisar Romawi yang memperkenalkan kalender Julius. Bulan ini dipilih untuk menghormati Julius Caesar yang lahir pada bulan ini.

8. August

August atau Agustus adalah bulan kedelapan dalam kalender Masehi. Nama bulan ini berasal dari Augustus Caesar, kaisar Romawi pertama. Bulan ini dipilih untuk menghormati Augustus Caesar yang naik takhta pada bulan ini.

Pos Terkait:  Jelaskan Perbedaan Antara Planet Luar dan Planet Dalam

9. September

September adalah bulan kesembilan dalam kalender Masehi. Nama bulan ini berasal dari kata Latin septem, yang artinya “tujuh”. Awalnya bulan ini merupakan bulan ketujuh dalam kalender Romawi sebelum kalender Julius diperkenalkan.

10. October

October atau Oktober adalah bulan kesepuluh dalam kalender Masehi. Nama bulan ini berasal dari kata Latin octo, yang artinya “delapan”. Awalnya bulan ini merupakan bulan kedelapan dalam kalender Romawi sebelum kalender Julius diperkenalkan.

11. November

November adalah bulan sebelas dalam kalender Masehi. Nama bulan ini berasal dari kata Latin novem, yang artinya “sembilan”. Awalnya bulan ini merupakan bulan kesembilan dalam kalender Romawi sebelum kalender Julius diperkenalkan.

12. December

December atau Desember adalah bulan kedua belas dalam kalender Masehi. Nama bulan ini berasal dari kata Latin decem, yang artinya “sepuluh”. Awalnya bulan ini merupakan bulan kesepuluh dalam kalender Romawi sebelum kalender Julius diperkenalkan.

Itulah nama-nama bulan dalam bahasa Inggris yang dapat Anda pelajari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar bahasa Inggris.

Kesimpulan

Mengetahui nama-nama bulan dalam bahasa Inggris adalah salah satu hal yang penting bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa Inggris dengan baik. Dengan mengetahui nama-nama bulan, Anda dapat lebih mudah memahami kalender dan juga mengikuti percakapan sehari-hari. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *